Mengapa Langit Berwarna Biru?

Ini sangat menarik untuk dipikirkan. Ketika kamu melihat ke langit pada malam hari, langit akan terlihat berwarna hitam dengan bintang dan bulan membentuk titik-titik cahaya langit. Mengapa pada siang hari langit tidak berwarna hitam dengan matahari berfungsi sebagai titik cahaya yang lain? Mengapa pada siang hari langit berubah menjadi biru cerah dan bintang-bintang menghilang?

Hal pertama yang perlu diketahui bahwa matahari adalah sumber cahaya yang sangat terang, dan jauh lebih terang daripada bulan. Hal kedua yang perlu dipahami adalah bahwa atom-atom nitrogen dan oksigen pada atmosfer berpengaruh pada cahaya matahari yang melewatinya. Ada gejala (fenomena) fisika yang disebut penyebaran Rayleigh yang menyebabkan sinar menyebar ketika melewati partikel-partikel yang berdiameter 1/10 dari panjang gelombang (warna) dari sinar matahari. Sinar matahari terdiri atas bermacam-macam warna cahaya yang berbeda, tetapi karena unsur-unsur yang ada di atmosfer. Warna biru yang paling banyak menyebar.

Jadi, ketika melihat ke langit pada siang yang cerah, kamu melihat matahari sebagai piringan cahaya. Warna biru yang kamu lihat di langit adalah seluruh atom yang ada di atmosfer yang menyebarkan cahaya biru ke arahmu.

Sumber : www.howstuffwork.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s