Mengenal secara singkat bangsa Yunani

SIAPA BANGSA YUNANI?

Bangsa Yunani tinggal di beberapa Negara-kota, menyebar dari rusia hingga spanyol. Peradaban Yunani berkembang antara tahun 800 SM hingga 500 SM. Pada 30 SM Romawi mengambil alih kekaisaran Yunani.

Setiap penduduk tinggal di Negara-kota yang terdiri dari sebuah kota dan daerah yang mengelilinginya. Mereka menyelenggarakan pemerintahan sendiri, mempunyai tentara, dan system keuangan. Sebagian besar berada di dekat laut dan berdagang satu sama lain.

Negara-kota yang paling utama adalah Athena. Athena kaya akan tambang perak, angkatan laut yang besar, dan pabrik yang memproduksi senjata, perabotan, tembikar, dan benda-benda dari kulit. Saingan utama Athena adalah Sparta. Sparta adalah Negara-kota yang gemar berperang, setiap warganya bergabung dalam militer.

Luas wilayah Athena kurang lebih 1600 Km2 dengan jumlah penduduk 200000 orang. Sekitar 40000 di antaranya adalah kaum pria yang bekerja di pemerintahan atau bergabung dengan tentara, sisanya adalah kaum wanita, anak-anak, budak, dan pendatang yang memiliki hak lebih kecil daripada kaum prianya.

MILITER

Kapal perang yang paling kuat adalah triteme dengan tiga baris pendayung yang terdiri atas 170 orang. Bila cuaca memungkinkan, kapal ini mengibarkan layarnya. Akan tetapi, saat cuaca tenang atau akan mengantam kapal lain dengan alat pelontar sepanjang 3 meternya, dayung digunakan. Kapal ini mampu melaju hingga kecepatan 15 km/jam.

Kekuatan utama tentara Yunani ada pada pasukan infanterinya. Para prajurit mengenakan helm, pelindung kaki yang disebut greave, dan lempengan perunggu pelindung dada. Mereka bersenjatakan pedang dan tombak sepanjang 6.5 meter yang disebut sarissa. Mereka juga membawa tameng bundar berukuran besar. Para prajurit ini diatur dalam formasi barisan yang disebut phalanx. Bangsa Yunani juga memiliki pasukan kaveleri dan angkatan laut.

Musuh utama bangsa Yunani adalah Kerajaan Persia yang kuat dan ancaman utama bagi Yunani. Antara 490 SM hingga 479 SM pasukan Yunani berhasil mengalahkan dua kali serangan besar bangsa Persia. Kadang-kadang beberapa Negara-kota saling berperang. Athena dan Sparta berperang selama bertahun-tahun, dari 431 SM hingga 404 SM, dengan Sparta sebagai pemenangnya.

Dibadang militer kita juga mengenal Alexander Agung, Alexander adalah raja Makedonia. Ia membangun kerajaan yang sangat besar, terbentang dari Yunani hingga perbatasan India. Ia mendirikan banyak kota dan menyebarkan kebudayaan Yunani hingga ke Timur Tengah. Alexander meninggal pada 323 SM di usia 33 tahun.

KEHIDUPAN PENDUDUK

Banyaknya penulis yang tinggal di Athena, sehingga membantu memberikan banyak informasi yang diketahui mengenai kehidupan di sana pada masa itu. Makanan mereka sangat sederhana, tetapi menyehatkan seperti ikan, roti gandum, keju dari susu kambing, zaitun ara, buah-buahan, sayuran dan salad berbumbu peterseli atau kemangi. Daging dimakan hanya pada saat festival perayaan. Penduduk miskin memakan lupin, sejenis bunga, dan belalang.

Di sekolah, selain membaca dan menulis, puisi, musik dan ketrampilan fisik juga diajarkan di sekolah. Bangsa Yunani menganggap bahwa laki-laki harus mampu bertarung, berpidato, dan menghibur orang-orang di selilingnya. Kaum wanitanya tidak bersekolah, tetapi belajar merajut dan menenun dari ibunya.

Kaum wanita Athena hanya memegang peranan kecil dalam kehidupan bermasyarakat, kecuali pada saat perayaan keagamaan. Mereka menikah di usia 13 atau 14 yahun dan menghabiskan waktu mereka di rumah. Mereka diperbolehkan untuk memiliki pakaian, perhiasan, dan budak, tetapi tidak memiliki tanah atau rumah. Wanita Sparta diperlakukan setara dengan pria dan boleh memiliki tanah, tetapi mereka tidak bergabung dalam militer.

Masalah transportasi keledai biasa digunakan untuk mengangkut manusia dan barang dalam jarak dekat. Karena daerah Yunani bergunung-gunung, lebih mudah untuk berpegian dengan kapal menyusuri pantai daripada melalui jalan darat.

KEPERCAYAAN

Bangsa Yunani menyembah banyak dewa dan membangun banyak kuil megah untuk menghormati dewa-dewa. Hanya pendeta yang diperbolehkan memasuki kuil. Pengorbanan dan upacara keagamaan diadakan di luar kuil.

Bangsa Yunani menyakini bahwa para Dewa tinggal di Gunung Olympus, gunung tertinggi di Yunani. Dewa yang terkuat adalah Zeus, raja segala dewa. Terdapat banyak dewa dan dewi yang menaungi setiap aspek kehidupan, misalnya dewa perang,  cinta, music, dan berburu.

KEBUDAYAAN

Pakaian yang biasa dikenakan oleh penduduk Yunani, baik pria maupun wanita, terbuat dari tunik. Mereka juga mengenakan mantel wol, topi jerami, dan sandal kulit. Bangsa Yunani mampu membuat pakaian sutra dan mewarnai pakaian mereka, tetapi sebagian besar dari mereka mengenakan linen ringan dan wol. Sebagai pengganti kancing, mereka menggunakan bros dan pin.

Kebudayaan Yunani sangat berpengaruh di Eropa hingga masa kini, baik pada seni maupun ilmu pengetahuan.

Bentuk bangunan Yunani banyak ditiru oleh orang-orang Romawi dan para arsitek di masa kini, terutama untuk bangunan umum, seperti museum dan balai kota. Bangunan Yunani kerap kali dihiasi dengan patung perunggu atau marmer. Banyak dari patung-patung tersebut dapat dilihat di museum di seluruh dunia.

Gedung pertunjukan sangat populer di masa Yunani kuno. Gedung pertunjukan di Epidaurus dapat menampung 14000 penonton. Kata ‘drama’, ‘teater’, ‘komedi’, ‘tragedi’, ‘chorus’, dan ‘ orkestra’ adalah kata yang berasal dari bahasa Yunani. Banyak naskah drama karya penulis dari Athena, seperti Sophokles, masih dimainkan hingga saat ini.

Bangsa Yunani memiliki banyak kisah kepahlawanan, seperti Herakles( Hercules ). Mereka juga memiliki banyak dongeng tentang monster seperti Minotaur, monster berkepala banteng, Cyclop yang bermata satu dan Gorgon, yang disebut Medusa, yang dapat megubah manusia menjadi batu. Kisah ini telah diceitakan turun-temurun sejak  Zaman Yunani Kuno.

3 thoughts on “Mengenal secara singkat bangsa Yunani

  1. besyukur bgt aku karena artikelmu…doaku semoga kamu semakin diberkati Allah yang maha kuasa untuk terus menjadi berkat bagi banyak orang……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s