Asal-usul Ninja

Operasi-operasi rahasia, mulai dari perang gerilya sampai pembunuhan para rival utama, merupakan topik yang dapat ditemukan di sepanjang sejarah Jepang. Namun mulai pertengahan abad ke-15 kita mendapatkan referensi bahwa aktivitas-aktivitas seperti itu dilakukan oleh orang-orang yang dilatih secara khusus dan tergabung dalam organisasi yang mengkhususkan diri pada peperangan semacam ini. Sebagian besar aktivitas tersebut terpusat di sekitar wilayah Iga dan Koga di bagian tengah Jepang.

Pandangan tradisional mengenai ninja sebagai mata-mata dan pembunuh gelap jagoan yang berpakaian serba hitam memiliki dua akar berbeda. Yang pertama adalah ranah kegiatan terselubung, seperti kegiatan mata-mata dan pengumpulan informasi intelijen (dan bahkan pembunuhan) yang merupakan bagian tak terpisahkan dari perang. Yang kedua adalah penggunaan tentara bayaran, di mana pemimpin-pemimpin operasi militer membayar orang luar untuk bertempur demi mereka. Di Jepang kedua elemen ini bergabung dan menghasilkan ninja dan, anehnya, ninja merupakan hampir satu-satunya contoh penggunaan tentara bayaran dalam peperangan di Jepang. Ini merupakan kebalikan dari teladan samurai. Seorang daimyo (penguasa feudal) tidak ingin reputasi para samurainya yang gagah berani dan mulia tercoreng karena melakukan tindakan hina semacam itu. Ia memilih membayar orang lain untuk melakukannya. Jasa ini tidak lazim tapi sangat dihargai, dan ahli sejarah Jepang Watatani merangkum situasinya sebagai berikut :

Secara singkat yang disebut teknik ninjutsu adalah keterampilan shinobi-no-jutsu dan shinobi-jutsu, yang bertujuan untuk memastikan lawan tidak mengetahui keberadaan kita, dan untuk itu terdapat latihan khusus. Pada zaman Sengoku teknik-teknik ini di gunakan dalam peperangan, dan meliputi teknik serta keterampilan Sekko (mata-mata) serta kancho (pengintaian).

Aksara nin bisa juga dibaca shinobi; jadi shinobi no mono lebih tepat daripada ninja. Namun lidah orang barat lebih mudah mengucapkan kata ninja, dan akibatnya ninja menjadi istilah yang dikenal luas.

Sumber                                : Seri petarung” Ninja 1460-1650”-Stephen Turnbull

Info lebih lanjut               : –WIKIpedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s