Syarat Menjadi seorang Astronout

kamu bercita-cita jadi seorang astronot ?. Siapkan diri kamu dari sekarang !. Bukan sesuatu yang tidak mungkin,kalo kamu punya semangat tinggi serta belajar sungguh-sungguh untuk meraih cita-cita tersebut,impian kamu untuk menjadi seorang astronot jadi kenyataan. Seorang astronot adalah gabungan sebuah karir,teknologi keren serta petualangan. Tetapi menjadi astronot di program luar angkasa AS tidak mudah, dan prosesnya bisa memakan waktu beberapa tahun.

Adapun syarat-syarat dasar untuk menjadi astronot meliputi:

* berkewarganegaraan AS (khusus untuk pilot dan spesialis misi)

* bergelar Sarjana teknik,biologi,fisika dan matematika dari perguruan tinggi terakreditasi atau

* Tiga tahun pengalaman dengan program terkait setelah mendapatkan gelar sarjana – Gelar master sama dengan satu tahun pengalaman, dan gelar doktor sama dengan tiga tahun.

* lulus dalam pemeriksaan NASA – untuk Pilot harus lulus Kelas I fisik; misi / spesialis muatan harus lulus Kelas II. Keduanya mirip dengan ujian penerbangan sipil dan militer.

* Untuk Pilot: berpengalaman lebih dari 1.000 jam terbang sebagai pilot dalam sebuah pesawat

* tinggi badan 162,5 cm sampai 193 cm untuk pilot,tb 148,5 cm sampai 193 cm untuk misi

Untuk melamar menjadi seorang astronot, seseorang diharuskan mengisi formulir yang sesuai dan kemudian diserahkan kepihak NASA . Setelah pengajuan kamu diterima oleh fihak NASA,kemungkinan NASA akan memanggil sipelamar dalam rentang waktu satu minggu untuk wawancara pribadi, tes medis dan orientasi. Semua kinerja pelamar akan disaring dan dievaluasi, dan jika beruntung, seorang pelamar tersebut mungkin diterima sebagai calon astronot. NASA mengumumkan calon astronot setiap dua tahun, memilih sekitar seratus laki-laki dan perempuan dari ribuan pelamar

Selama periode pelatihan, seorang pelamar yang lulus diwajibkan mengambil kelas dalam ilmu dasar. Diantaranya : matematika, astronomi, fisika, geologi, meteorologi dan oseanografi,serta sistem ruang, teknologi (navigasi, mekanika orbital, bahan pengolahan), dan antar-jemput. Juga akan dilatih dalam teknik survival darat dan laut, SCUBA, gayaberat mikro, lingkungan tinggi dan tekanan rendah, dan pakaian ruang. Selain itu,calon astronot akan diuji berenang dengan panjang kolam renang 25 meter dengan berpakaian terbang dan sepatu tenis, dan berjalan menapak didasar kolam selama 10 menit. Jika melamar untuk jadi seorang pilot , akan dilatih dipesawat jet T-38 milik NASA dan pesawat ulang-alik pelatihan minimal 15 jam setiap bulan,serta misi spesialis terbang empat jam setiap bulan. Pada akhir periode pelatihan selama dua-tahun, seorang pelamar yang lulus mungkin akan dipilih menjadi astronot,setelah itu pelatihan akan dilanjutkan pada berbagai aspek operasi pesawat ruang angkasa dengan dimulai sebagai kandidat astronot dengan bantuan seorang instruktur. Kemudian akan dilatih di simulator untuk pra-peluncuran, peluncuran, orbit, masuk dan mendarat. Tergantung pada apakah seseorang mengambil spesialis pilot atau misi,maka dari itu seorang calon astronot akan diberi pelajaran bagaimana menggunakan lengan robot pesawat untuk memanipulasi kargo,selanjutnya dilanjutkan pelatihan generik sampai layak untuk dipilih menjadi seorang astronot.

Setelah terpilih dalam misi penerbangan,seorang calon astronot akan menerima pelatihan khusus untuk misi setidaknya 10 bulan sebelum penerbangan. Ini termasuk pelatihan dalam simulator penerbangan, maket skala penuh dari stasiun antar-jemput dan ruang, dan pelatihan di bawah air untuk simulasi berjalan diruang angkasa nantinya.

Ada tiga jenis astronot dalam program luar angkasa AS:

* Komandan / pilot

* Misi spesialis

* Payload spesialis

Komandan bertanggung jawab atas misi, kru dan kendaraan. Pilot membantu komandan dalam mengoperasikan kendaraan dan menggunakan satelit. Spesialis misi bekerja dengan komandan dan pilot dalam operasi antar-jemput, melakukan spacewalks dan melakukan eksperimen. Spesialis muatan melaksanakan tugas khusus sebagai misi .

So,belajarlah sungguh-sungguh dari sekarang !! Siapa tau kamu sukses jadi seorang astronot pertama bagi orang Indonesia.

sumber :http://marinadevina.wordpress.com/2011/04/17/syarat-menjadi-seorang-astronot/#comment-146

17 thoughts on “Syarat Menjadi seorang Astronout

  1. mimpi besar saya sebagai manusia kecil, namun tak pernah menyrutkan semangat saya untuk mencapainya. semoga Tuhan meridhoi itu..amin

    • gak juga sih, kan udah ada astronot dari negara laen, contohnya baru-baru aja ada astronot dari negara tetangga Malayasia😀
      tapi mungkin karena faktor sarana yang ada maka di Amerika lah banyak orang bisa jadi astronot

  2. menjadi astronot itu menyenangkan, bisa berpetualang keluar angkasa dan bisa menemukan planet yang baru&juga bisa melihat bumi dengan jelas………….
    maka dari itu cita-cita saya ingin menjadi seorang astronot……

  3. ibu saya orang purwakarta…tapi,saya dilahirkan dan dibesarkan di malaysia.boleh kah jika saya menjadi angkasawan wanita pertama indonesia?

  4. semoga allah me-ridhoi ku agar aku bisa menjadi seorang astonot nantinya, dan membanggakan negeri ini dan terutama orang tua, ammiinn

  5. meraih mimpi, penuh kepercayaan tinggi dan biarkan orang berkata apa, tapi kita didunia ini hidup dengan diri sendiri maka maka dengan itu yakinlah pada diri sendiri dan ikutilah kata hatimu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s